Kamis, 17 Oktober 2013

Arti Warna Yang Ada di Dalam Al-Qur'an,Al-Hadits,dan Kitab-kitab Lainnya

Assalaamu'alaikum wa rohmatullaahi ta'alaa wa barokaatuh.....
Selamat datang kembali di blog yang sederhana dan sunyi ini..


Postingan sebelumnya saya menceritakan tentang : "Kejujuran Sang Penjaga Kebun Anggur", dan sekarang saya akan berbagi :

ARTI WARNA HITAM, PUTIH, MERAH, KUNING, DAN HIJAU



Tahukah kalian?? Warna Hitam, Putih, Merah, Kuning, dan Hijau adalah warna yang ada dan di sebutkan dalam Al-Qur'an, Al-Hadist, dan Kitab-Kitab Lainnya..

Apakah arti dari ke 5 warna (hitam, putih, merah,kuning, dan hijau) itu dalam islam??


Nah,, di sini saya akan membahasnya sedikit demi sedikit..!!


1. ARTI WARNA HITAM
.....Warna hitam adalah warna gelap,, biasanya warna hitam ini sering di gunakan oleh orang-orang untuk takziyah menandakan berduka cita atas meninggalnya seseorang.. Dalam pandangan islam warna hitam adalah warna iblis/syetan,, biasanya di gunakan orang-orang yang mempunyai ilmu sihir dan semacamnya..

2. ARTI WARNA PUTIH
.....Warna putih adalah simbol bersih atau suci.. Warna putih sering di gunakan oleh orang-orang 'alim 'ulama' dalam menunikn ibadah,, para hajipun pakainya serba putih,, menandakan kesucian.. Dan warna putih ini adalah warna yang di gunakan untuk membungkus orang mati atau yang di sebut kain kafan. Kenapa kain kafan harus berwarna putih?? Karena kain kafan adalah sebagai simbol orang yang meninggal itu adalah orang yang suci.. Dan warna putih (awan putih) adalah pemisah waktu sholat 'isya' dengan sholat tahajjud juga pemisah waktu sholat tahajjud dengan sholat shubuh.

3. ARTI WARNA MERAH
.....Warna merah dalam bendera INDONESIA menyimbolkan arti berani,, tapi dalam islam warna merah adalah simbol api neraka yang membara,, namun warna merah (sebagai awan) itu adalah pertanda berdirinya sholat maghrib (di ufuk barat) dan sholat shubuh (di ufuk timur)..

4. ARTI WARNA KUNING
.....Warna kuning adalah simbol api yang kecil,, maksudnya api yang kecil adalah ujung api.. Kalau (sebagai awan) warna kuning ini adalah pertanda waktu tengah malam yaitu waktu yang cocok untuk menunaikan sholat sunnah tahajjud..

5. ARTI WARNA HIJAU
.....Warna hijau adalah simbol kesejukan dan simbol tumbuh-tumbuhan.. Dalam artian islam,, warna hijau adalah warna surga,, karena Insya Allah pakaian para penghuni surga adalah warnanya hijau..




Demikianlah "Arti Warna Hitam, Putih, Merah, Kuning, dan Hijau" yang bisa saya berikan.. Jika di antara kalian ada yang mau menambahkan,, silahkan tuliskan di komentar!! Karena sedikit ilmu yang kita berikan,, Insya Allah akan ada manfaatnya..


Mohon maaf untuk semuanya,, bila ada kekurangan ataupun kesalahan dalam menulis kata-kata maupun kalimat yang tertera di artikel blog ini..

Semua kritik dan saran kalian akan saya terima dengan ikhlas dan senang hati..


Sekian dari saya.....
Akhirul kalam..... Wassalaamu'alaikum wa rohmatullaahi ta'alaa wa barokaatuh.....

1 komentar: